Laman

Wednesday, August 5, 2015

Apa itu Meteorologi?

Meteorologi....
Apa bayangan kalian pertama kali ketika mendengar kalimat tersebut?
saya disini akan sedikit berbagi tentang apa itu meteorologi.
meteorologi yaitu disiplin ilmu yang mempelajari gejala cuaca diatmosfer. Adapun parameter cuaca yang diamati antaralain temperatur, tekanan, radiasi peyinaran matahari, kelembapan, penguapan, arah dan kecepatan angin serta jumlah curah hujan. Di Indonesia sendiri terdapat lembaga non departemen yang membawahi disiplin ilmu meteorologi yaitu BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Sedangkan ditingkat perguruan tinggi hanya beberapa sekolah tinggi dan universitas yang terdapat jurusan meteorologi, contohnya : Meteorologi ITB, Meteorologi Terapan IPB dan Meteorologi STMKG.

Orang yang ahli meteorologi disebut dengan meteorologist, sedangkan meteorologist sendiri masih dibagi dua yaitu : observer (pengamat) dan forecaster (peramal).
Pasti terbayang dibenak kalian mengapa cuaca diatmosfer perlu diamati? sebenarnya apa tujuan dan hasil signifikan yg diperoleh dr pengamatan tersebut?
Baik, mari saya jelaskan.
di BMKG sendiri terdapat 3 bidang tugas yaitu : Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Namun kali ini saya khusus akan membahas mengenai metorologi saja :D
Meteorologi sendiri banyak digunakan untuk kepentingan umum seperti : Penerbangan, Pelayaran, Informasi Cuaca, Prakiraan Cuaca, Pertanian dll.
Dalam dunia penerbangan sendiri data cuaca sangat dibutuhkan dalam take off dan landing pesawat, BMKG secara rutin akan memberikan data cuaca baik dibandara maupun pada rute yang akan dilewati pesawat.
Dalam dunia pelayaran data cuaca dari BMKG juga penting dalam memberikan data tinggi gelombang laut serta rata" kecepatan angin, sekarang ini BMKG juga selalu aktif memberikan informasi pada nelayan daerah mana yang banyak terdapat ikan.




1 comment:

  1. Nitip kuis yah
    Pertanyaan di bawah ini sebenarnya diajukan kepada para peserta Sekolah Lapang Iklim (SLI) dimana pesertanya adalah para penyuluh pertanian yang sama sekali tidak berlatar belakang meteorologis. Tetapi ironisnya ternyata banyak panitia yang sebenarnya pakar metorologis malah ikut salah memberi jawaban.

    http://www.climate4life.info/2016/01/meterologispun-banyak-yang-salah.html

    ReplyDelete