Laman

Thursday, August 6, 2015

Tergelincirnya Pesawat Garuda

Kronologi
Rute                            : Jakarta – Makasar
Keberangkatan            : 11.24 WIB
Tempat Kejadian         : Runway 31 Bandara Hasanudin Makasar
Waktu Kejadian          : 14.50 WITA (07.00 UTC)

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-618 rute Cengkareng-Ujung Pandang tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (2/6/2015). Insiden itu terjadi sekitar pukul 14.50 Wita. Ban depan dan ban sebelah kiri pesawat keluar dari undefined. "Pada pukul 14.45 Wita, pesawat mendarat di undefined 13. Namun pada pukul 14.50 Wita, pesawat mengalami overshoot (tergelincir) di undefined 31 sehingga ban depan dan ban sebelah kiri keluar undefined.

 


Kesimpulan
Ada beberapa hal yang menyebabkan pesawat over run diantaranya :
      Terbang terlalu cepat yg menyebabkan kelebihan speed
      Pesawat terbang terlalu tinggi, sehingga dibutuhkan vasi/papi.
      Terbang diatas glide path
      Mendapat tailwind saat pendaratan

Melihat data metar pada tanggal 02 JUNI 2015 pada jam  00 UTC hingga 12 UTC. Cuaca pada siang itu berubah cepat sekali, visibility mulai menurun pada jam 06.30 UTC. Pada waktu kejadian yaitu jam 07.00 UTC terlihat bahwa kecepatan angin 15 knot dari Timur Laut. Seharusnya pesawat  menggunakan runway 03-21, namun dialihkan ke runway  13-31. Visibility pada waktu kejadian yaitu 500 meter dengan tinggi dasar awan 1.700 meter yang merupakan batas pesawat diperbolehkan untuk landing. Pengalihan  itu dikarenakan alat PAPI di runway 03-21 tidak berfungsi dan disertai dengan  jarak pandang yang tidak memungkinkan akibat hujan deras.
Seperti penjelasan di atas bahwa di bandara sultan hasanuddin terdapat ILS beserta lightning yaitu PAPI. Pesawat mendarat, dan  5 menit kemudian akibat runway licin karena cuaca pada saat landing hujan deras, maka pesawat tidak dapat terkendali karena gaya gesek kecil dan tidak mendapat head wind. Sedangkan mendapat cross wind dari arah 60 derajat yang menyebabkan roda tergelincir ke luar runway yaitu ke arah kiri sejauh 1 meter dan tidak mendapat headwind serta tail wind saat pendaratan.

No comments:

Post a Comment